Translate

Ahad, 15 April 2012

Ha Long Bay



Ha Long Bay (harfiah: "Descending Teluk Naga"; Vietnam: Vinh Ha Long) adalah sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, dan tujuan wisata populer, terletak di Provinsi Quang Ninh, Vietnam. Secara administratif, teluk milik Ha Long City, Cam PHA kota, dan bagian dari kabupaten Don Van. teluk ini memiliki ribuan pulau karsts kapur dan dalam berbagai ukuran dan bentuk. Ha Long Bay merupakan pusat dari sebuah zona yang lebih luas yang mencakup Bai Tu Long teluk di timur laut, dan pulau-pulau Cat Ba ke barat daya. Ini lebih besar zona saham geologi yang sama, geografis, geomorfologi, iklim, dan karakter budaya. 

Ha Long Bay memiliki luas wilayah sekitar 1.553 km2, termasuk 1.960 pulau, yang kebanyakan kapur. Inti teluk memiliki luas wilayah 334km2 dengan kepadatan tinggi dari 775 pulau batugamping di teluk ini. Telah melalui 500 juta tahun pembentukan dalam kondisi dan lingkungan yang berbeda. Evolusi dari karst di teluk ini telah 20 juta tahun di bawah pengaruh iklim tropis basah geo-keragaman lingkungan di daerah tersebut telah menciptakan keanekaragaman hayati., Termasuk biosystem evergreen tropis, laut dan pantai laut biosystem. Ha Long Bay adalah rumah bagi 14 spesies endemik bunga dan 60 spesies fauna endemik.

survei penelitian Sejarah telah menunjukkan keberadaan manusia prasejarah di daerah ini puluhan ribu tahun yang lalu. Budaya kuno berturut-turut adalah Soi Nhu budaya di sekitar 18,000-7,000 SM, CAI BeO budaya 7,000-5,000 SM dan budaya Ha Long 3500-5000 tahun yang lalu.Ha Long Bay juga menandai peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Vietnam dengan banyak artefak ditemukan di Bai Tho Mout, Đầu Go Gua, Bai Chay.

500 tahun yang lalu, Nguyen Trai memuji keindahan Ha Long Bay di Lo ayat nhập Van Đồn, di mana ia menyebutnya "batu ajaib di langit".Pada tahun 1962, Departemen Budaya, Olahraga dan Pariwisata Vietnam Ha Long Bay tercantum dalam Relik Nasional dan publikasi Landsekap Pada tahun 1994, zona inti dari Ha Long Bay tercatat oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia berdasarkan kriteria vii,. dan tercatat untuk kedua kalinya sesuai dengan kriteria viii. 

Etimologi

Menurut legenda setempat, ketika sedang bertempur melawan penjajah Vietnam Cina, para dewa mengirimkan keluarga naga untuk membantu membela tanah. Keluarga naga ini mulai meludah keluar perhiasan dan batu giok. Perhiasan ini berubah menjadi pulau-pulau dan pulau menghiasi teluk, menghubungkan bersama untuk membentuk sebuah dinding besar melawan penjajah. Orang-orang terus tanah mereka aman dan membentuk apa yang kemudian menjadi negara Vietnam. Setelah itu, naga tertarik tamasya damai di bumi, dan kemudian memutuskan untuk tinggal di sini. Tempat di mana naga ibu turun bernama Ha Long, tempat anak-anak naga dihadiri pada ibu mereka disebut Bai Tu Long pulau (Bai: hadir atas, Tu: anak, Long: naga), dan tempat naga anak-anak ekornya menggeliat hebat disebut Bạch Long V pulau (Bạch: warna putih-busa dibuat ketika anak-anak Naga menggeliat, Long: naga, vv: ekor).

Tempat
Ha Long Bay berlokasi di Vietnam timur laut, dari E106 ° 56 'untuk E107 ° 37' dan dari N20 ° 43 'untuk N21 ° 09'. teluk membentang dari kabupaten Hung Yen, melewati kota Ha Long, Cam Pha kota untuk kabupaten Đồn Van, berbatasan di selatan dan tenggara Teluk Tonkin, di sebelah utara oleh Cina, dan di sebelah barat dan barat daya oleh pulau Cat Ba. teluk tersebut memiliki panjang garis pantai sekitar 120km dan 1.553 km ² dengan ukuran sekitar 2000 pulau. Wilayah yang ditunjuk oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Alam Dunia menggabungkan 434km ² dengan 775 pulau, dimana zona inti dibatasi oleh 69 poin: Đầu Go pulau di sebelah barat, Ba Ham danau di selatan dan pulau Cong Tay di sebelah timur. Kawasan lindung adalah dari toko bensin Dam Cai untuk komune Hanh Quang, Cam PHA kota dan zona sekitarnya.
Iklim

Iklim teluk adalah tropis, basah, pulau laut, dengan dua musim: musim panas dan lembab, dan musim dingin kering dan dingin. Suhu rata-rata dari 15 ° C-25 ° C, dan curah hujan tahunan adalah antara 2000mm dan 2200mm. Ha Long Bay memiliki sistem khas pasang diurnal (pasang amplitudo berkisar antara 3,5-4m). salinitas ini dari 31 menjadi 34.5MT di musim kemarau dan lebih rendah di musim hujan.

Sejarah

Nhu Soi budaya (16000 - 5000 SM)

Terletak di Ha Long dan Bai Tu Long adalah situs arkeologi seperti ME Thien Cung dan Long. Ada sisa-sisa dari gundukan gunung kerang (Cyclophorus), kerang musim semi (Melania), beberapa moluska air tawar dan beberapa alat dasar tenaga kerja. Cara utama hidup habitants Soi Nhu sudah termasuk penangkapan ikan dan kerang, mengumpulkan buah-buahan dan menggali untuk bibit dan akar. lingkungan hidup mereka adalah daerah pesisir seperti budaya Vietnam lainnya, misalnya, seperti yang ditemukan di Hoa Binh dan Anak Bac.

Cai BeO budaya (5000 - 3000BC)

Terletak di Ha Long dan pulau Cat Ba, habitants yang dikembangkan untuk tingkat eksploitasi laut.
Periode feodal

Sejarah menunjukkan bahwa Ha Long Bay adalah pengaturan untuk pertempuran laut lokal terhadap tetangga pesisir Vietnam. Pada tiga kali, di labirin saluran di sungai Bach Dang dekat pulau, tentara Vietnam menghentikan Cina dari arahan. Pada 1288, Jenderal Tran Hung Dao berhenti kapal Mongol dari berlayar menaiki Sungai Bach Dang dekat dengan menempatkan baja-tip taruhannya kayu saat air pasang, tenggelam armada Mongol Kubilai Khan.

Selama Perang Vietnam, banyak saluran antara pulau-pulau tersebut sangat ditambang oleh angkatan laut Amerika Serikat, beberapa di antaranya ancaman untuk pengiriman sampai hari ini.

Penghargaan

Pada tahun 1962, Departemen Kebudayaan Vietnam, Olahraga dan Pariwisata ditunjuk Ha Long Bay sebuah 'Terkenal Pemandangan Monumen Nasional'.

Ha Long Bay pertama kali terdaftar sebagai sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994 [11 dalam pengakuan beredar nilainya, estetika universal,]. Pada tahun 2000 Komite Warisan Dunia tambahan yang diakui Ha Long Bay nilai luar biasa ini geologi dan geomorfologi, dan perusahaan Warisan Dunia properti telah diupdate.

Pada tahun 2009, New 7 Wonders Foundation, yang menjalankan Tujuh Keajaiban Dunia program, termasuk Halong Bay di daftar nominasi sebagai salah satu World's 7 Keajaiban Alam.

Tiada ulasan: