Translate

Ahad, 15 April 2012

fungsi al-quran

kita dapat memahami fungsi al-quran itu sendiri. Al-quran sebagai kitab syariat terakhir yang diturunkan juga memiliki tujuan dan misi kehadirannya , antara lain sebagai berikut :


1.      sebagai pedoman hidup manusia
al-quran diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia. Di dalamnya terdapat penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk serta pembela (antara yang hak dan yang batil)
2.      sebagai pembenar dan penyempurna kitab-kitab terdahulu
dalam surah Ali imran ayat 3, Allah swt berfirman:

"Dia menurunkan kitab ( al-quran ) kepadamu ( muhammad ) yang mengandung kebenaran, membenarkan ( kitab-kitab ) sebelumnya, dan menurunkan taurat dan injil."
3.      sebagai pembawa kabar gembira dan peringatan
Al-quran membawa berita gembira dan peringatan bagi orang-orang yang mengingkarinya. Disamping itu al-quran menjelaskan kriteria-kriteria golongan yang memperoleh berita gembira dan yang mendapatkan ancaman dan peringatan , perahatikan ayat berikut :

"katakanlah ( muhammad ), ; aku tidak kuasa mendatangkan manfaat maupun menolak mudharat bagi dirimu kecuali apa yang dikehendaki Allah. Sekiranya aku mengetahui yang ghoib, niscaya aku akan membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan tidak akan ditimpa bahaya. Aku hanyalah pemberi peringatan dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman." QS Ql-A'raf : 188
4.      sebagai sumber pokok ajaran islam
Al-quran merupakan sumber pokok ajaran islam yang pertama. didalamnya terdapat keterangan-keterangan yang dibutuhkan oleh manusia untuk mengolah alam jagat raya ini. bahkan, sumber pokok tersebut tidak hanya mengantarkan manusia untuk bahagia didunia saja, tetapi juga bahagia di akhirat.

Tiada ulasan: